11 Manfaat Daun Bunga Sepatu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pohon Bunga Sepatu
Daun bunga sepatu adalah salah satu daun yang memiliki tekstur serta warna yang indah. Selain memiliki warna dan tekstur yang indah, daun bunga sepatu ini juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan serta kecantikan. Telah banyak orang yang memanfaatkan daun bunga ini untuk mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan.

Berbicara tentang manfaat daun bunga sepatu, daun ini sebenarnya sangat berguna dalam dunia pengobatan. Bahkan hampir semua bagian dari tanaman bunga sepatu ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal. Mulai dari akar, batang, daun, bunga, dan juga kelopak bunga. Semua bagian tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Bagian bunga ini mengandung gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, serta berfungsi sebagai tonik.

Banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari bunga sepatu ini, membuat banyak orang memilih tanaman bunga tersebut sebagai bahan alami  untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat daun bunga sepatu untuk kesehatan dan kecantikan:

Manfaat Daun Bunga Sepatu untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Proteksi terhadap infeksi

Daun kembang sepatu kaya akan kandungan vitamin C, mineral, dan antioksidan. Semua kandungan nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh. Bahkan dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi saluran pernapasan, asma, bronkitis, dan juga batuk. Manfaatkanlah dengan baik dan benar.

2. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Sifat antioksidan yang terdapat dalam daun bunga sepatu ini juga dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh anda. Anda bisa membuat minuman dari rebusan daun bunga bunga sepatu. Selain diminum, anda juga bisa mengoleskan minyak bunga sepatu pada bagian tubuh yang terdapat bekas gigitan serangga.

3. Mengobati batuk dan sariawan

Jika anda memiliki masalah batuk atau sariawan. Anda juga bisa memanfaatkan daun bunga sepatu. Daun bunga ini dapat membantu mengobati batuk dan sariawan yang mengganggu. Anda cukup merebus daun bunga sepatu dengan air secukupnya. Setelah itu minumlah untuk obat batuk, dan gunakan berkumur untuk obat sariawan.

4. Obat sakit kepala

Daun bunga sepatu juga sangat baik untuk mengobati sakit kepala. Bagi anda yang sedang mengalami sakit kepala, gunakanlah air rebusan daun bunga sepatu untuk mengompres kening kepala anda. Untuk lebih maksimal, anda juga bisa meminum air rebusan tersebut.

5. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan yang berlebih, atau anda sedang menjalankan program diet, maka daun bunga sepatu ini dapat membantu melancarkan diet anda. Daun bunga sepatu ini efektif dalam menurunkan berat badan. Rebuslah daun bunga sepatu dengan air secukupnya, lalu minumlah airnya. Teh bunga sepatu ini dapat membantu menurunkan lemak serta kalori dalam tubuh.

6. Mencegah penyakit keputihan

Untuk mengobati dan mencegah penyakit keputihan, anda bisa memanfaatkan daun bunga sepatu. Yaitu dengan cara merebus daun tersebut dengan air secukupnya. Dan teh bunga sepatu itu juga bisa anda manfaatkan untuk mencegah PMS. Selain itu juga dapat membantu mengurangi stres, tubuh akan semakin terasa relaks dan energi pun semakin bertambah. Anda bisa meminumnya secara rutin.

7. Obat gondok

Gondok terjadi akibat pembesaran kelenjar tiroid pada leher bagian bawah. Ketika gondokan rasanya seperti mengganjal dan tidak enak. Cukup manfaatkan daun bunga sepatu dengan cara direbus. Minumlah air rebusan tersebut. Lalu gunakan pastanya untuk dibalurkan pada bagian gondok sebagai obat luar.

8. Obat flu, demam, dan malaria

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa daun bunga sepatu memiliki kandungan antioksidan yang cukup tingi. Dan kandungan tersebut juga baik untuk mengobati flu, demam, serta malaria. Cukup merebus daun bunga sepatu dengan air. Minumlah airnya. Air rebusan tersebut efektif untuk menurunkan panas pada anak-anak maupun orang dewasa.

9. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Tekanan darah yang tinggi serta kadar kolesterol yang tinggi pula, dapat menjadi penyebab datangnya berbagai macam gangguan kesehatan. Untuk menurunkan kadar tersebut, anda bisa memanfaatkan daun bunga sepatu. Memanfaatkan daun bunga sepatu dengan benar akan membantu menurunkan tkanan darah dan juga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

10. Menjaga kesehatan kulit

Daun bunga sepatu juga bisa anda manfaatkan untuk perawatan kecantikan anda. Ya, jika anda ingin memiliki kulit yang sehat serta terawat, anda bisa menggunakan ramuan daun bunga sepatu sebagai bahan perawatan alami. Cukup remas-remas daun bunga sepatu dan tempelkan pada bagian tubuh. Kandungan minyak di dalamnya dapat membersihkan kulit seluruh tubuh anda, termasuk wajah, dan sel-sel kulit mati akan terangkat, serta kulit akan menjadi lebih halus. Kandungan antiinflamasi di dalamnya juga dapat mengatasi serta mencegah jerawat dan penuaan dini.

11. Mencegah kerontokan pada rambut

Daun bunga sepatu memiliki lendir yang juga sangat bermanfaat dalam merawat kesehatan rambut. Lendir tersebut akan membuat rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. Cukup oleskan lendir atau gunakan air sebagai keramas. Rambut yang tadinya sering rontok akan dapat diminimalisir. Sehingga kerontokan akan lebih berkurang.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Daun Bunga Sepatu untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.