Segudang Khasiat Daun Andewi Untuk Kesehatan


Daun andewi atau endive ini memiliki rendah kalori dan juga kaya akan serat. Jadi ketika salah satu jenis sayuran ini dikonsumsi sudah bisa dipastikan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tapi sayuran ini memiliki rasa yang agak pahit, dan biasanya banyak yang mengkonsumsinya degan cara membuatnya menjadi salad.

Meskipun memiliki rasa pahit daun andewi juga memiliki keunggulan lainnya, yakni bisa dijadikan sebagai ramuan herbal atau pengobatan alternatif. Kandungan yang ada di dalamnya mampu untuk mengobati beberapa macam penyakit. Dan berikut ini ada beberapa kandungan yang ada di dalam daun tersebut.

Kandungan nutrisi daun andewi ;


  • Beberapa vitamin ; vitamin A, vitamin E, vitamin K
  • Serat
  • Asam folate
  • Asam pantotenat
  • Thiamin
  • Niacin
  • Kalium
  • Mineral
  • Zat besi
  • Dan senyawa lainnya

Daun andewi ternyata memiliki nutrisi yang cukup untuk menjaga tubuh kita tetap sehat. Dan untuk mengkonsumsinya ada berbagai macam cara. Mulai dari merebus daunnya, membuatnya jus, membuat masakan atau sayuran atau dijadikan lalapan. Jadi untuk mengkonsumsinya tergolong sangat mudah dan kamu bisa melakukannya sendiri. Dan berikut ini cara mengolahnya agar bisa dijadikan sebagai obat herbal.

Cara mengolah daun andewi dengan merebus ;


  • Ambil daun andewi yang masih hijau segar dan hindari yang sudah layu
  • Kemudian kamu cuci hingga bersih daun tersebut
  • Kemudian siapkan air di dalam gelas setidaknya 3 hingga 4 gelas
  • Lalu masukkan air tersebut ke dalam panci pemanas begitu juga dengan daunnya
  • Kemudian masak air di dalam panci hingga benar-benar mendidih dan hanya menyisakan 1 gelas air saja
  • Lalu tuangkan ke dalam gelas dan tunggu hingga hangat
  • Kamu bisa mencampurnya dengan madu murni atau gula batu agar rasanya tidak terlalu pahit
  • Kamu bisa mengkonsumsinya setidaknya sehari sekali baik di pagi hari atau di malam hari menjelang tidur

Cara membuat jus daun andewi ;


  • Pilih beberapa daun andewi yang masih segar dan masih muda
  • Kemudian cuci hingga bersih daun tersebut
  • Kemudian masukkan ke dalam blender dan campur dengan air secukupnya
  • Kamu juga bisa menambahkan bahan alami lainnya dan mencampurnya ke dalam blender
  • Kemudian blender daun tersebut hingga benar-benar lembut
  • Lalu tuangkan ke dalam gelas dan siap untuk diminum
  • Kamu bisa menambahkan apa saja sesuai selera kamu mulai dari es batu hingga susu coklat

Mudahnya dalam mengolah daun andewi untuk menjadi obat herbal maka bisa kamu konsumsi setiap saat. Mulai dari merebus, dibuat jus sayuran, hingga memakannya langsung sebagai lalapan. Dan paling tidak 1 hingga 2 lembar daun yang kamu konsumsi setiap harinya akan meringankan penyait yang kamu derita. Dan berikut ini beberapa penyakit yang bisa diobati dengan mengkonsumsi daun tersebut.

1. Menambah nafsu makan

Tidak hanya untuk anak kecil saja yang terkadang sangat susah untuk makan. Tetapi bagi orang dewasa yang baru proses pengobatan bisa dijadikan minuman segar untuk menambah nafsu makan pasca pengobatan salah satu penyakit. Kandungan yang ada di dalam daun andewi akan merangsang atau meningkatkan nafsu makan.

2. Sebagai obat pencahar

Jika kamu mengalami susah BAB karena adanya masalah di dalam lambung bisa juga meminum sari daun andewi. Dan sebaiknya kamu minum ketika malam hari menjelang tidur, hal ini agar ketika pagi hari kamu semakin lancar BAB.

3. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi jika dibiarkan sangat berbahaya bagi kesehatan karena bisa mengalami stroke. Kandungan yang ada di dalam daun andewi seperti kalium akan metralisir pengaruh dari natrium di dalam tubuh yang bisa menyebabkan tekanan darah naik.

4. Mengatasi anoreksia

Salah satu gangguan psikis yang mana penderitanya akan selalu merasa dirinya gemuk dan pada akhirnya selalu membiarkan dirinya kelaparan atau tidak mau makan sama sekali. Dan akhirnya penderita anoreksia akan menurunkan berat badannya di bawah normal dan bisa dibilang sangat kurus. Khasiat dari daun andewi akan mencegah timbulnya gangguan psikis seperti ini dan akan meningkatkan nafsu makan jika dikonsumsi secara teratur.

5. Mencegah penyakit batu empedu

Jika di dalam tubuh kamu memiliki tingkat kalsium yang sangat tinggi terutama di dalam kantong empedu. Bisa juga disebabkan karena tingginya kadar kolesterol. Dan penyakit ini bisa juga disembuhkan dengan meminum air rebusan atau menjadikan daun andewi sebagai lalapan setiap harinya.

6. Mencegah Alzheimer

Penurunan daya ingat ini memang banyak terjadi pada orang yang sudah tergolong tua. Untuk mencegah timbulnya penurunan daya ingat atau sering disebut sebagai pikun, bisa kamu mulai dengan mengkonsumsi daun andewi secara teratur setiap harinya.

7. Mencegah stroke

Salah satu penyebab dari penyakit stroke adalah karena tekanan darah yang terlalu tinggi. Dengan mengkonsumsi daun andewi maka akan berfungsi sebagai penurun tekanan darah. Dengan demikian serangan penyakit stroke ini bisa kamu cegah sedari awal.

8. Menurunkan kolesterol

Pola makan yang tidak sehat serta terlalu banyak konsumsi makanan berlemak akan menyebabkan kolesterol dalam darah naik. Dan ini akan membahayakan kesehatan yang efeknya seperti tekanan darah tinggi, jantung, dan lain-lain. Dengan mengkonsumsi sari dari daun andewi maka akan menurunkan kolesterol.

9. Menyehatkan jantung

Kadar kolesterol yang rendah serta lancarnya peredaran darah maka akan membantu menyehatkan jantung. Dan fungsi jantung sendiri semakin normal, apalagi jika kamu konsumsi daun andewi setiap harinya, maka jantung akan semakin sehat dan mencegah penyakit jantung maupun serangan jantung.

10. Mencegah skoliosis

Skoliosis adalah tidak normalnya pertumbuhan tulang belakang yang melengkung ke samping. Dan ini sering terjadi pada anak-anak. Jadi berikan mereka sayuran yang dikombinasikan dengan daun andewi untuk mencegah pertumbuhan tulang belakang yang tidak sehat.

11. Mencegah kanker prostat

Kanker prostat memang terjadi hanya pada kaum laki-laki, dan hal ini bisa kamu cegah dengan mengkonsumsi daun andewi setiap harinya. Setidaknya pada malam hari atau di pagi hari untuk membantu menjaga kesehatan.

12. Mencegah kanker usus besar

Timbulnya kanker pada organ tubuh memang bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari makanan atau faktor dari luar seperti polusi udara. Dengan mengkonsumsi air rebusan atau membuat lalapan dari daun andewi maka akan mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

13. Mengobati masalah lambung

Mulai dari kembung hingga rasa mual di lambung bisa kamu redam dengan mengkonsumsi daun andewi. Baik kamu jadikan lalapan langsung atau membuatnya menjadi minuman segar. Akan tetapi bagi orang yang suka rasa pahit, jika kamu tidak suka sebaiknya kamu hindari. Karena rasa pahit yang ditimbulkan bisa menambah rasa mual.

14. Melancarkan buang air kecil

Kandungan yang ada di dalam daun andewi bersifat diuretik. Jadi jika kamu mengalami masalah seperti tidak lancarnya buang air kecil karena ada masalah pada kemih kam bisa mengkonsumsi daun ini setiap harinya.

15. Menyehatkan mata

Vitamin A yang ada di dalam daun andewi cukup tinggi untuk ukuran sayuran selain wortel. Jadi manfaatnya sudah jelas, yakni untuk menjaga kesehatan mata. Jadi bagi orang tua yang sudah mulai menurun kualitas penghlihatannya bisa menerapinya degan mengkonsumsi daun yang memiliki rasa pahit ini.

16. Anti radikal bebas

Kandungan vitamin dan serat yang sangat cukup yang ada di daun andewi mampu menangkal radikal bebas. Baik yang disebabkan oleh makanan maupun oleh faktor luar seperti polusi udara dan lain-lain.

17. Mencegah kanker paru-paru

Dengan mengkonsumsi daun andewi secara teratur maka akan berfungsi sebgaai penangkal radikal bebas yang bisa menimbulkan kanker, misalnya seperti kanker paru-paru. Kandungan yang ada di dalamnya akan mencegah sel kanker berkembang.

18. Mencegah kanker rongga mulut

Meminum sari dari daun andewi yang direbus dan meminumnya secara hangat maka akan mencegah tumbuhnya sel kanker yang menyerang rongga mulut. Setidaknya sekali dalam sehari untuk mencegah timbulnya penyakit ini.

19. Mencerahkan kulit

Salah satu kehebatan dari daun andewi adalah bisa digunakan untuk perawatan seperti mencerahkan dan memutihkan kulit. Kamu bisa mengkonsumsinya sebagai minuman sehari-hari atau membuatnya menjadi lulut atau masker. Kandungan seperti vitamin C dan juga kolagen yang ada di dalam daun akan membantu membuat kulit tubuh dan wajah kamu semakin cerah dan putih berseri.

Untuk cara menggunakannya pun juga snagat sederhana, kamu tumbuk daun andewi hingga lembut lalu bisa juga kamu campur dengan bahan alami lainnya, misalnya seperti bengkoang, alpukat, dan lain-lain. Setelah itu gunakanlah untuk lulur sebelum mandi atau masker wajah. Setidaknya

Daun andewi yang memiliki rasa pahit ini memiliki kandungan yang sangat spesial begitu juga dengan manfaatnya untuk kesehatan. Daun ini bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit, serta bagi kaum hawa yang ingin memiliki kulit sehat, cerah, dan juga putih bisa menggunakan daun andewi sebagai lulur tubuh atau menggunakannya sebagai masker wajah.

Sumber: khasiat.co.id