21 Manfaat Buah Jamblang (Duwet) untuk Kesehatan


Buah jamblang juga disebut dengan buah duwet atau juwet dalam penyebutannya di daerah Jawa. Orang Minang menyebut buah ini dengan jambu kalang, sedangkan orang Aceh menamakannya sebagai jambe kleng. Buah jamblang termasuk ke dalam kategori jenis buah jambu. Buah ini memang sudah jarang ditemukan karena tidak banyak orang yang menanamnya, maka bisa katakana sebagai jenis buah yang langka.

Secara penampakan, buah jamblang terlihat mirip seperti buah anggur namun bentuknya lebih lonjong daripada buah anggur. Hal ini juga diperkuat oleh warna buahnya yang berwarna ungu. Daging buah jamblang berwarna putih dengan bijinya yang kecil dan memiliki warna yang sama. Walaupun bentuk dan ukurannya cenderung kecil, buah jamblang memiliki beberapa manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Mari kita simak detail penjelasannya di bawah ini.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat jamblang, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Menu makanan sehat bagi penderita diabetes

Buah jamblang mengandung senyawa alkaloid, glikosida, dan juga jambosin. Semua senyawa tersebut memproses gula menjadi sumber energi untuk tubuh. Itulah kenapa penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini, agar kadar gula dalam tubuh penderitanya bisa senantiasa seimbang. Khasiat jamblang sebagai obat diabetes juga sudah teruji keampuhannya.

2. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas sangat berbahaya bagi sel-sel tubuh. Fungsi anti oksidan dalam buah jamblang memiliki senyawa antosianin dan polifenol yang bisa mencegah radikal bebas. Fungsi tersebut juga berhubungan dengan pencegahan penyakit kanker dan membuat Anda terhindar lebih lama dari penuaan dini. Manfaat jamblang sebagai anti penuaan dini bisa membuat Anda terhindar dari penampilan yang terlihat lebih tua.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sistem imun yang lemah akan membuat Anda sangat mudah untuk diserang virus atau bakteri yang menjadi penyebab penyakit. Dengan mengonsumsi buah jamblang, daya tahan tubuh atau sistem imun Anda bisa meningkat. Hal ini karena buah ini memiliki vitamin dan nutrisi yang membantu menjaga kekebalan tubuh Anda.

4. Pewarna alami makanan

Warna ungu dari buah jamblang sangatlah alami. Maka tak heran jika buah ini sering diambil sarinya untuk dijadikan pewarna makanan tanpa bahan kimia. Pewarna makanan dari buah jamblang bisa Anda olah untuk membuat kue dan hidangan lainnya. Manfaat jamblang yang satu ini sangatlah disukai oleh ibu rumah tangga yang hobi memasak.

5. Anti kanker

Khasiat jamblang yang paling penting yaitu sebagai bahan makanan untuk anti kanker. Hal ini karena buah yang satu ini mengandung banyak senyawa yang bisa mengobati penyebab kanker dengan mengikat sel-sel berbahaya dan mematikannya.

6. Menjaga kesehatan organ jantung

Jantung perlu diberi asupan berupa kalium, agar bisa berfungsi memompa darah pada tubuh dengan baik. Khasiat jamblang yang bagus untuk jantung didukung oleh kandungan unsur kalium tersebut, sehingga buah ini perlu dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung.

7. Mempercantik kulit

Kulit yang cantik akan membuat Anda menjadi semakin percaya diri. Tidak perlu repot menjalani perawatan dengan biaya yang mahal atau obat-obatan kimia yang berbahaya. Cukup dengan memakan buah jamblang yang kaya akan vitamin C akan memberikan Anda kulit yang halus dan bercahaya. Manfaat jamblang untuk kulit bisa Anda rasakan jika Anda mengonsumsinya dengan rutin.

8. Anti bakteri

Sumber dari beberapa infeksi seperti demam, kulit dan mulut diakibatkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Untuk mengobati dan mematikan semua bakteri tersebut, Anda bisa menggunakan buah jamblang. Khasiat jamblang yang juga penting adalah sebagai anti bakteri dan kuman.

9. Mengobati batuk kronis

Batuk kronis bisa dikatakan sebagai batuk yang sudah parah dan akan merusak tenggorokan dan sistem pernafasan Anda. Mulailah memakan buah jamblang dengan kandungan protein dan nutrisi alami, sehingga Anda bisa terhindar dari batuk kronis.

10. Mengobati asma

Orang yang menderita penyakit asma pasti akan sangat terganggu ketika asma mereka kambuh. Untuk nutrisi sehari-hari, Anda bisa membuat obat alami bagi penderita asma dengan menggunakan buah jamblang. Manfaat ini bisa sangat terasa bagi mereka yang menderita asma.

Selain 10 manfaat dan khasiat buah jamblang untuk kesehatan, ada lagi 11 manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

11 Manfaat dan Khasiat Buah Jamblang Lainnya:

  1. Mengobati diare pada anak
  2. Mengatasi penyakit TBC
  3. Mengobati nyeri lambung
  4. Mengatasi dan mencegah sariawan
  5. Mengobati infeksi darah
  6. Mengatasi epilepsy
  7. Mengatasi batuk rejang
  8. Mengobati kebiasaan mengompol
  9. Meningkatkan nafsu makan
  10. Mengobati sakit perut
  11. Menyehatkan gigi dan tulang

Itulah 21 manfaat dan khasiat buah jamblang untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan mengonsumsi buah yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan. Karena kesehatan saat ini sangatlah mahal harganya. Selamat mencoba.