10 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan, Mulai Dari Kolesterol Sampai Darah Tinggi

Kacang Panjang

Kacang panjang merupakan tumbuhan yang dijadikan sayur atau lalapan. Ia tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. Bagian yang dijadikan sayur atau lalapan adalah buah yang masih muda dan serat-seratnya masih lunak, kacang panjang ini mudah didapati di kawasan panas di Asia.

Manfaat kacang panjang bagi kesehatan berasal dari kandungan gizi yang dapat mencegah anemia, menjaga kesehatan mata, menjaga sistem pencernaan, menjaga kekuatan tulang dan memenuhi nutrisi ibu hamil muda. Kacang panjang merupakan salah satu keluarga legume, di Indonesia kacang panjang banyak diolah menjadi olahan masakan dan lalapan.

Konsumsi rutin kacang panjang dapat memberikan Anda asupan nutrisi seperti vitamin, mineral, serat dan protein yang sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda, selain itu konsumsi kacang-kacangan dapat mengatasi beragam masalah kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat kacang panjang bagi kesehatan dan kecantikan yang Anda dapatkan bila rutin mengonsumsi kacang ini. Simak ulasannya dibawah ini:

1. Menurunkan Kolesterol
Kacang panjang kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk melindungi dinding usus dari paparan zat-zat beracun yang berada di usus dengan cara mengikat zat toxic di usus dan mengeluarkannya lewat metabolisme tubuh. Konsumsi makanan tinggi serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dengan cara menurunkan penyerapan kolesterol di usus.

2. Vitamin Ibu Hamil
Kacang panjang memiliki. kandungan asam folat yang merupakan nutrisi esensial untuk ibu hamil muda, dalam tiap 100 gram kacang panjang mengandungan 62 µg atau dapat memenuhi 15 persen kebutuhan asam folat harian ibu hamil.

Asam folat dan vitamin B12 dalam kacang panjang sangat penting untuk Sintesis DNA dan pemisahan sel-sel tubuh Anda. Konsumsi kacang panjang saat program hamil dapat membantu mempersiapkan rahim dalam menyambut kehamilan, sedangkan saat trimester pertama kehamilan asam folat berperan dalam mencegah kerusakan saraf pada janin Anda.

3. Meningkatkan Sistem Imun
Kandungan vitamin C dalam kacang panjang dapat membantu memenuhi 31 persen kebutuhan vitamin C harian tubuh Anda. Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat baik untuk mencegah infeksi virus, bakteri dan radikal bebas, selain itu vitamin ini dapat menjaga elastisitas pembuluh darah dan dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker.

4. Meningkatkan Energi
Kandungan beragam vitamin B dalam kacang panjang seperti niacin, riboflain, dan asam panthotenic merupakan nutrisi esensial yang dapat membantu tubuh Anda untuk mengkonversi makanan menjadi energi. Hal ini sangat membantu Anda dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Selain itu, vitamin B juga merupakan vitamin esensial untuk otak dan sel-sel saraf Anda.

5. Menjaga Kesehatan Mata
Kacang panjang memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata Anda, konsumsi vitamin A dapat menghindarkan Anda dari kerusakan sel-sel saraf mata dan menghindarkan Anda dari kebutaan.

6. Mencegah Anemia
Kandungan zat besi dalam sayuran ini sangat baik untuk menstimulasi produksi sel darah merah, selain itu vitamin C juga berperan dalam memaksimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh Anda. Hal ini sangat baik untuk mencegah Anda mengalami anemia dan membantu melancarkan sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh Anda.

7. Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan mineral seperti kalsium, magnesium dan fosfor dalam kacang panjang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang Anda, mineral-mineral diatas merupakan nutrisi esensial yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang Anda, serta menghindarkan Anda dari risiko osteoporosis.

8. Mengatasi Susah Buang Air Besar
Serat dalam kacang panjang sangat baik untuk mengatasi masalah susah buang air besar, serat dalam kacang ini dapat menjaga pergerakan perut Anda dan menjaga metabolisme tubuh Anda tetap terjaga. Metabolisme tubuh yang lancar dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan menurunkan kolesterol.

9. Meningkatkan Massa Otot
Konsumsi kacang panjang merupakan salah satu cara untuk meningkatkan massa otot Anda, kandungan protein dalam kacang panjang dibutuhkan tubuh Anda untuk menjaga fungsi-fungsi organ tubuh Anda. Protein dalam panganan ini juga sangat baik untuk meningkatkan massa dan menguatkan otot Anda.

10. Menurunkan Tekanan Darah
Kacang panjang memiliki mineral Potassium yang berperan sebagai vasodilator, artinya dapat menenangkan dan melebarkan pembuluh darah Anda. Hal ini sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah Anda sehingga sangat baik untuk mencegah masalah kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Kacang Panjang bagi Kesehatan Tubuh Anda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami.