5 Manfaat Dan Khasiat Daun Srikaya Untuk Kesehatan


Tanaman srikaya adalah salah satu jenis tanaman yang beriklim tropis. Tanaman ini memiliki nama latin Annoa squamosa dan masuk dalam genus annoa. Tanaman sirkaya ini mudah di temukan di Indonesia, biasanya akan tumbuh sendiri di pekarangan depan maupun belakang rumah.

Berbicara mengenai sirkaya, sebenarnya banyak manfaat yang bisa kita ambil dari tanaman yang satu ini. Baik itu manfaat dari buah, batang, akar, maupun daun. Namun kali ini akan dibahas lebih dalam mengenai manfaat dari daun sirkaya. Daun ini sebenarnya memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan. Bahkan daun sirkaya sudah terkenal sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit atau gangguan kesehatan.

Mungkin bagi sebagian orang masih terdengar asing mengenai manfaat daun sirkaya. Meskipun begitu, kita tidak perlu ragu memanfaatkan daun sirkaya sebagai obat herbal. Karena telah dipercaya akan manfaatnya. Nah, berikut ini beberapa manfaat daun sirkaya untuk kesehatan:

1. Mengobati Penderita Histeris

Jika anda menjumpai orang yang sedang pingsan atau mengalami histeris akibat suatu hal, anda bisa mengobatinya dengan memanfaatkan daun sirkaya. Tumbuklah daunnya hingga halus dan oleskan pada bagian hidung si penderita tersebut. Biarkan si penderita menghisap atau menghirup aromanya. Ramuan ini mampu membantu mempercepat penyembuhan orang pingsan atau histeris.

2. Mengobati Cacingan

Cacingan merupakan salah satu gangguan kesehatan dimana orang yang menderita tersebut susah menaikkan berat badan dan cenderung kurus. Biasanya cacingan disebabkan karena tidak terkontrolnya kebersihan. Maklum dan wajar bila ini terjadi pada anak-anak. Untuk mengobatinya, anda bisa memanfaatkan ramuan dari daun sirkaya. Silahkan rebus daun sirkaya dan minumkan air hasil rebusan tersebut.

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Sistem pencernaan yang terganggu memang dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Salah satunya yaitu BAB yang tidak lancar. Untuk mengobatinya, anda bisa memanfaatkan daun sirkaya. Tumbuklah daun sirkaya dan menambahkan sedikit minyak kelapa yang hangat. Lalu oleskan ramuan ke atas perut anda secara merata. Maka perut akan terasa lebih nyaman.

4. Mengobati Kudis

Untuk mengobati kudis, anda cukup mencuci daun sirkaya segar sebanyak 15 lembar. Kemudian gilinglah hingga halus. Remas dengan air kapur sirih sebanyak satu sendok teh. Gunakanlah untuk menggosok kulit kudis. Untuk mengobatinya, lakukanlah dua kali sehari secara rutin agar kudis bisa sembuh secara maksimal.

5. Mengobati Borok Atau Bisul

Selain mengobati kudis, anda juga bisa mengobati borok atau bisul dengan menggunakan daun sirkaya. Kandungan nutrisi pada daun sirkaya mampu mengobati adanya infeksi pada permukaan kulit. Tumbuklah daun sirkaya hingga halus. Sebelumnya, cuci bersih daun sirkaya. Oleskan tumbukan daun sirkaya pada area yang terdapat borok atau bisul lalu tutup dengan kain perban atau kain kasa. Lakukan secara rutin sampai borok atau bisul anda sembuh.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Daun Sirkaya untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.