11 Manfaat Dan Khasiat Terong Untuk Kesehatan

Terong Ungu
Terong adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Biasanya terong diolah menjadi berbagai macam masakan, tentunya dengan kombinasi berbagai macam campuran sayuran lain dan juga bumbu-bumbu.

Berbicara mengenai terong, sayuran yang satu ini memiliki banyak jenisny, yaitu terong ungu, terong belanda, terong bulat, dan jenis terong lainnya. Banyak orang yang menyukai terong, bukan hanya rasanya, akan tetapi juga banyaknya kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Terong memiliki kandungan gizi yang melimpah, seperti niacin, riboflavin, tiamin, folat, vitamin E dan K, serta nasunin. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dari banyaknya kandungan yang terdapat di dalamnya, sehingga tak heran kalau ternyata terong banyak disukai oleh masyarakat. Lantas, apa saja manfaat dari terong? Berikut ini sejuta manfaat terong untuk kesehatan tubuh:

11 Manfaat Dan Khasiat Terong untuk Kesehatan

1. Melancarkan pencernaan

Mengkonsumsi terong secara rutin dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh anda. Hal ini karena adanya kandungan serat yang baik di dalamnya. Dengan mengkonsumsi terong, resiko sembelit atau pun kanker usus besar akan menjadi lebih diminimalisir. Maka konsumsilah terong secara rutin.

2. Menurunkan berat badan

Berat badan yang berlebih memang tidak nyaman, khususnya bagi orang yang tidak terbiasa dengan berat badan berlebih. Tidaknyaman ketika menjalankan aktivitas maupun tidak nyaman pada penampilannya. Untuk menurunkannya anda bisa mengkonsumsi terong. Kandungan kadar air yang tinggi dan juga rendah kalori membuat sayuran yang satu ini bermanfaat menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan daya ingat otak

Daya ingat otak yang kuat sangatlah diperlukan, khususnya bagi sang buah hati agar bisa menjadi anak yang pintar dan cerdas. Untuk meningkatkan daya ingat otak, anda bisa memberinya terong. Mengkonsumsi terong secara rutin dapat membantu meningkatkan daya ingat otak. Sehingga tidak mudah lupa dan penyimpanan memori otak akan bertahan lebih lama.

4. Mengontrol kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi memang dapat menjadi pemicu datangnya berbagai macam penyakit. Tentu saja hal ini sangat membahayakan tubuh jika dibiarkan begitu saja. Untuk mencegahnya dan mengontrol kadar gula darah dengan baik, anda bisa mengkonsumsi terong secara rutin. Terong kaya akan serat. Jadi sangat bermanfaat mengontrol penyerapan glukosa.

5. Mengontrol tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi dimana tekanan atau tensi darah seseorang mengalami kenaikan di atas rata-rata pada umumnya. Untuk mengatasinya, konsumsilah terong secara rutin. Kandungan bioflavonoid di dalamnya berperan penting dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Pencegah anemia

Anemia atau tekanan darah rendah memang kebalikannya dari hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain dapat mengatasi tekanan darah tinggi, terong juga mampu mencegah anemia. Ya, karena terong bersifat netral atau mengontrol tekanan darah menjadi stabil. Hal ini karena adanya kandungan zat besi di dalamnya yang dapat mencegah anemia atau kurang darah.

7. Menyehatkan jantung

Mengkonsumsi terong juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Kandungan zat di dalamnya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga baik untuk menstabilkan tingkat tekanan darah. Tentu saja hal ini dapat meminimalisir penyakit jantung. Kandungan kalium dalam terong juga dapat membantu menghidrasi tubuh dengan baik.

8. Menyehatkan tulang

Kesehatan tulang juga sangat penting untuk dijaga sejak dini. Hal ini ditujukan untuk menghindari penyakit pada tulang di usia menjelang tua nanti. Kandungan kalsium yang terdapa dalam terong dapat membantu memperkuat tulang dan mempertahankan kekokohannya. Sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti osteoporosis.

9. Membuat kulit bersinar

Selain baik untuk kesehatan juga baik untuk kecantikan tubuh. Terong juga dapat membantu membuat kulit anda menjadi lebih bersinar. Hal ini karena terong mengandung kadar air dalam jumlah tinggi. Sehingga akan menjaga tubuh dan kulit terhidrasi dengan baik. Selain itu, kandungan mineral dan vitamin di dalamnya juga membantu memperbaiki kulit menjadi lebih baik.

10. Melembabkan kulit kepala

Anda juga dapat melembabkan kulit kepala anda secara alami, yaitu dengan memanfaatkan terong. Kandungan sejumlah mineral dan vitamin di dalamnya mampu memberikan nutrisi yang baik bagi kulit. Sehingga kulit kepala tetap sehat serta terhindar dari gangguan penyakit.

11. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini memang bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Bahkan di usia yang sangat muda pun bisa mengalami penuaan dini apabila tidak pernah melakukan perawatan atau salah perawatan atau pola hidup yang tidak sehat. Untuk itu cegahlah dengan cara alami, salah satunya dengan memanfaatkan terong. Kandungan vitamin E di dalamnya mampu menghindarkan kulit dari kekeriputan, garis halus, dan tanda penuaan lainnya.

Demikianlah informasi tentang 11 Manfaat Dan Khasiat Terong untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Sumber: manfaatcantiksehat.com