Segudang Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan

Ubi jalar merupakan tumbuhan yang yang kerap diolah menjadi bahan pangan, pakan dan bahan baku industri. Kandungan nutrisi tumbuhan ini tidak hanya ada pada buah, tetapi juga pada bagian daunnya.
Ubi jalar merupakan salah satu komoditas yang unik, karena memiliki beberapa variasi dengan karakteristik dan keunggulan masing-masing. Ada ubi jalar Adin, ubi jalar Cilembu, ubi jalar Sari, ubi jalar Lokal Saree dan Sawentar.
Seperti dilansir organicfacts.net, terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari ubi jalar. Berikut beberapa di antaranya:Ubi jalar tak hanya mendorong pemenuhan zat-zat gizi esensial tubuh, tetapi juga memberikan efek perlindungan atau bahkan penyembuhan terhadap beberapa penyakit.
  1. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian

    Ubi jalar kaya akan senyawa organik, mineral, dan vitamin, yang penting bagi kesehatan manusia. Tumbuhan ini mengandung sejumlah besar karbohidrat, serta vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, maupun folat.
  2. Menjaga kesehatan saluran cerna

    Tingkat serat makanan yang tinggi ditemukan pada ubi jalar. Satu porsinya, mengandung sekitar 27% kebutuhan serat harian. Ini membuat ubi jalar berperan penting dalam mendukung kesehatan saluran cerna.
  3. Menangkal radikal bebas

    Ubi jalar tinggi akan kandungan vitamin A, vitamin C, dan berbagai antioksidan fenolik lainnya. Dengan demikian, tumbuhan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu menangkal radikal bebas.
  4. Menurunkan risiko diabetes

    Serat pada tumbuhan ini dapat membantu menurunkan risiko diabetes, karena mengatur pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh. Jika Anda menderita diabetes, makanan kaya serat seperti ini dapat membantu mencegah lonjakan dan penurunan gula secara drastis.
  5. Meningkatkan kekebalan tubuh

    Memiliki Vitamin C yang sangat tinggi, ubi jalar dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menciptakan pertahanan penyakit yang lebih kuat. Selain itu, vitamin C pada ubi jalar juga berperan sebagai aktioksidan yang turut menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.
Meski memberikan sederet manfaat sehat, ubi jalar mengandung kalori yang sangat tinggi. Setiap 100 gram ubi jalar mengandung sekitar 112 kalori. Bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, ini tentu bisa menjadi penghambat.
Jadi, tetap ingat untuk mengonsumsi ubi jalarsecukupnya, ya! Dengan demikian, Anda akan merasakan manfaat sehatnya, tanpa takut kedapatan dampak buruknya.

Sumber: klikdokter.com