28 Manfaat Dan Khasiat Kencur Untuk Kesehatan

Kencur
Kencur merupakan salah satu jenis tanaman obat tradisional yang tumbuh di daerah dataran rendah. Biasanya digunakan sebagai bumbu masakan dan untuk obat tradisional yang sudah dikenal sejak jaman dahulu. Selain itu, juga digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dan berbagai penyakit lainnya. Tanaman ini memiliki daging umbi yang lunak dan berwarna putih, tidak berserat dan memiliki warna kulit coklat.
Selain itu, rimpangnya memiliki aroma yang khas dan biasa ditanam di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Kencur termasuk dalam tanaman obat-obatan karena memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Kandungan yang ada didalamnya, antara lain zat besi, mineral, asam metal kanil, kamphane, borneol, ethyl aster, asam cinnamic, alkolid, paraeumarin, gom dan lain sebagainya. Karena kandungan nutrisi itulah, khasiat kencur sangat diperlukan untuk menyembuhkan penyakit.

1. Mengobati Maag

Khasiat kencur yang pertama untuk mengobati maag. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Maag bisa menyerang dengan sangat cepat dan tidak mengenal waktu. Pastinya untuk mengonsumsi obat dengan bahan kimia di dalamnya yang dikonsumsi terus menerus memang tidak baik. Dengan pengolahan dan pemilihan bahan yang tepat, Anda dapat memiliki kondisi lambung yang sehat dan terhindar dari maag.

2. Membuat Tubuh Menjadi Fit

Di tengah tuntutan pekerjaan yang semakin berat, Anda harus memiliki kondisi tubuh yang fit dan sehat. Mengonsumsi kencur bisa dijadikan alternative alami untuk meningkatkan stamina tubuh. Minum secara teratur sebelum tidur agar setelah bangun Anda mendapatkan tubuh yang bugar dari sebelumnya.

3. Mengobati Diare

Diare memang sangat mengganggu karena akan membuat kita bolak balik ke kamar kecil. Apalagi jika Anda seseorang yang sibuk pasti akan sangat menyiksa dan merepotkan. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan ramuan atau jamu dari kencur.

4. Melegakan Tenggorokan

Biasanya aktfitas yang sangat padat bisa mengakibatkan radang tenggorokan dan menimbulkan rasa sakit. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi ramuan dari kencur.

5. Mengobati Nyeri

Minyak atsiri yang terkandung di dalam kencur bisa Anda gunakan sebagai obat penghilang rasa nyeri. Selain itu pegal pegal yang dirasakan juga akan berkurang jika Anda mengonsumsinnya secara teratur.

6. Meredakan Masuk Angin

Cuaca yang tidak menentu bisa membuat Anda mudah terserang berbagai penyakit. Apalagi jika cuaca dingin yang bisa membuat Anda masuk angin. Dengan mengonsumsi kencur bisa mengurangi rasa masuk angina yang Anda alami.

7. Mengurangi Sakit Kepala

Sakit kepala bisa diatasi dengan mengonsumsi kencur secara teratur. Karena kandungan yang ada didalamnya akan menghilangkan rasa nyeri di kepala.

8. Sebagai Bumbu Masakan

Kencur selain digunakan sebagai obat juga bisa di manfaatkan untuk menambah rasa pada masakan. Selain dibuat jamu, Anda bisa mencampurkan dalam bumbu masakan untuk memperoleh khasiat dari tanaman ini.

9. Menjadi Sumber Serat

Serat yang terkandung di dalam kencur sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pada pencernaan. Konsumsi tanaman umbi ini agar pencernaan lancar dan terhindar dari sembelit dan penyakit ambeien.

10. Sebagai Antioksidan

Tubuh memerlukan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh. karena jika dibiarkan, radikal bebas bisa menyebabkan munculnya kanker dan tumor serta berbagai penyakit berbahaya lainnya. Kandungan antioksidan pada kencur bisa membantu meningkatkan antioksidan di dalam tubuh.

18 Manfaat dan Khasiat Kencur Untuk Kesehatan Lainnya:

  1. Anti kanker.
  2. Membuang racun dalam tubuh.
  3. Mengobati radang usus.
  4. Melancarkan peredaran darah.
  5. Membunuh bakteri di usus.
  6. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  7. Baik untuk kesehatan kulit.
  8. Mengobati batuk.
  9. Mengobati keseleo.
  10. Menghilangkan darah kotor.
  11. Mengobati mata yang lelah.
  12. Sebagai alat KB tradisional.
  13. Mempercepat agar anak bisa berjalan.
  14. Meningkatkan nafsu makan pada anak.
  15. Memelihara kesehatan tubuh.
  16. Membantu dalam program diet.
  17. Mengobati influenza.
  18. Mengobati kencing batu.
Itulah beberapa khasiat kencur yang baik bagi tubuh manusia. Tidak harus mengonsumsi obat-obatan untuk jadi sehat, tetapi sehat dengan mengonsumsi herbal alami yang sudah pasti menyehatkan. Karena alam sudah menyediakan berbagai tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat.
Tinggal bagaimana kita meramu dan menjadikan tanaman tersebut menjadi lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Karena tubuh harus tetap dijaga agar selalu sehat sampai tua nanti. Sebelum mengonsumsi kencur, pilihlah yang masih segar dan berwarna cerah. Hal ini dilakukan agar kandungan gizinya tetap utuh dan terjaga. Selain itu, kita bisa memperoleh khasiatnya secara optimal. Anda daat melihat khasiat umbi lainnya.
Sumber: khasiat.co.id